Membangun Blog yang Disukai Visitor dan Search Engine

Kegiatan blogging saat ini seakan sudah menjadi tren yang tak kalah serunya dari media sosial. Banyak blog-blog baru yang bermunculan, mungkin blog Anda adalah salah satunya. Meskipun banyak blog-blog yang baru, namun saya rasa cara membuat blog antara satu dengan yang lainnya itu berbeda-beda. Mulai dari platformnya, topik pembahasannya, cara pengaturannya, serta cara mereka membuat artikel.

Sebagai modal utama, Yang paling mempengaruhi agar blog kita bisa disukai pengunjung serta Search Engine adalah konten yang kita sajikan pada blog tersebut. Tetapi selain konten yang kita sajikan, ada beberapa faktor yang menurut saya juga berperan penting.

Membangun Blog yang Disukai Visitor dan Search Engine
 
Pada saat kita mendesain blog, hal yang pertama kali harus kita pikirkan adalah apa yang diinginkan serta apa yang diharapkan oleh pengunjung. Tetapi hal ini sering sekali dilewatkan oleh mereka yang sedang mendesain blog. Kebanyakan dari mereka hanya memikirkan kepuasan sendiri saja. Memang cara membuat blog yang baik itu kita harus memikirkan banyak faktor. Lalu hal apa saja faktor yang harus dipikirkan agar sebuah blog ramah bagi pengguna (user-friendly)? Faktor yang paling dominan bagi sebuah blog agar disukai pengunjung dan Search Engine adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan Loading Halaman Blog


Banyak para blogger pemula yang lebih mementingkan tampilan blog dibanding dengan memprioritaskan kecepatan Loading halaman blog, sehingga halaman blog yang mereka miliki menjadi lebih berat dan sulit untuk diakses. Jika Anda juga seperti itu, maka kesempatan mendapatkan posisi terbaik SERP bisa hilang begitu saja. Namun jika halaman blog Anda  memiliki proses loading halaman yang cepat dan ringan, bukan hanya para pengunjung yang menyukainya, Search Engine pun akan menyukainya juga, sehingga bisa mendapatkan posisi SERP yang lebih baik. Lalu bagaimana cara membuat blog agar menjadi ringan ketika loading halaman? Meski saat ini, akses internet semakin cepat saja dari waktu ke waktu, namun nyatanya masih banyak pengguna yang hanya memiliki koneksi pas-pasan. Bahkan meski dengan koneksi internet broadband cepat sekalipun, sudah seharusnya halaman blog Anda dapat dimuat dengan cukup cepat.


Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan loading blog, beberapa di antaranya adalah ukuran image, item-item ekstra seperti flash, besarnya halaman, dan sebagainya. Berikut ini sedikit tips dari saya bagaimana cara membuat blog agar bisa ringan di akses:

A. Sumber Gambar

Sebenarnya sumber gambar bisa kita ambil dari mana saja, kadang gambar diambil dengan me-link-kan secara langsung ke situs penyedia layanan gambar diluar layanan google seperti photobucket. Tetapi ketika blog sedang melakukan proses loading, maka blog akan melakukan komunikasi dengan situs-situs dimana sumber gambar tersebut diambil. Proses tersebut tentu saja akan memakan waktu meskipun tidak terlalu terasa sehingga berpengaruh ke proses loading halaman blog menjadi sedikit lebih lambat. Sebaiknya sumber gambar yang kita masukan berasal dari blog itu sendiri, atau dengan kata lain dengan mengupload langsung ke dalam blog.

B. Ukuran Dan Format Gambar

Ketika kita menggunakan gambar pada artikel blog, sebaiknya format gambar yang kita gunakan sesuai dengan format yang direkomendasikan oleh google. Beberapa Rekomendasi Google terkait dengan Tipe Gambar dalam Website adalah Sebagai berikut: 

- PNG hampir selalu lebih baik dari GIF, meskipun beberapa versi browser lawas mungkin hanya mendukung format untuk PNG saja.
- Gunakan GIF untuk grafik sederhana atau sangat kecil dan untuk gambar yang bergerak.
- Gunakan JPG untuk semua gambar bergaya fotografi.
- Jangan menggunakan BMP atau TIFF.
- Format gambar untuk web yang paling baik adalah PNG atau GIF, gambar tersebut memiliki kualitas sangat baik ketika di compress, berukuran kecil dan support untuk semua web browser.
- Sebelum gambar diupload untuk digunakan, sebaiknya gambar tersebut kita compress terlebih dahulu agar ukurannya menjadi lebih kecil. Karena semakin kecil maka akan semakin ringan ketika diakses.

C. Efisiensi Widget

Blog saat ini sudah difasilitasi dengan banyak widget yang bisa kita letakkan pada halaman blog, baik itu di sidebar, header, footer, serta pada bagian postingan. Ini tergantung dengan template yang digunakan pada blog. Jika kita bermaksud untuk memasang widget pada blog, pilihlah beberapa widget yang memang dianggap penting, jangan memasang terlalu banyak widget yang sifatnya kurang penting. Karena semakin banyak widget yang kita aktifkan pada blog, berarti loading blog akan semakin lama, karena blog akan memproses setiap widget yang kita letakan dan proses tersebut akan membutuhkan waktu.

2. Aksesibilitas Blog


Cara membuat blog agar bisa disukai pengunjung adalah memikirkan aksesibilitas blog, yang dimaksud aksesibilitas dalam kegiatan blogging adalah prasyarat bahwa informasi di dalam sebuah halaman website harus bisa dilihat dan diakses dengan baik oleh pengunjung, baik dalam hal visibilitas konten dan objek, navigasi, browsing, pencarian, hingga akses via perangkat desktop dan seluler. Secara  singkatnya aksesibilitas blog itu berarti kemudahan sebuah halaman blog untuk bisa digunakan secara maksimal kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja. Jika orang tidak bisa membuka atau menggunakan blog Anda, maka tidak ada artinya sama sekali buat mereka. Karena itu aksesibilitas menjadi hal penting dalam mendesain blog. Sebagai Referensi Template anda bisa membaca Artikel saya tentang Template Blogger.

Untuk dapat meningkatkan aksesibilitas blog, maka kita harus memperhatikan beberapa faktor. Namun secara mudahnya mungkin poin-poin dibawah inilah yang harus diperhatikan :

- Beri perbedaan antara link aktif dengan teks biasa.
- Berikan kemudahan dan keleluasaan pengunjung untuk dapat berinteraksi dengan konten.
- Tambahkan kotak pencarian agar dapat  mempermudah pengunjung untuk mencari konten tertentu.
- Beri kemudahan bagi pengguna seluler atau mobile untuk dapat mengakses blog. (dengan menggunakan Template atau Theme yang Mobile-Friendly dan Responsive)

Mungkin itu adalah sedikit faktor yang harus kita perhatikan untuk meningkatkan aksesibilitas blog. Tentu masih banyak faktor lainnya, silakan Anda pelajari lebih jauh tentang hal ini. Pastikan pula bahwa blog Anda dapat dibuka dan tampil sempurna pada berbagai perangkat dan browser yang berbeda.

3. Navigasi Blog


Membuat blog yang baik juga harus memikirkan tentang navigasi blog yang akan ditampilkan, karena semua orang yang mengunjungi blog Anda, pasti tertarik untuk menjelajah setiap sudut blog guna menemukan yang mereka cari. Oleh karena itu area navigasi utama harus diletakkan secara konsisten di setiap halaman. Navigasi yang umum dan harus ada pada blog itu antara lain Kategori, kontak, about, privacy policy, serta disclaimer. Selain itu tak kalah penting dalam hal navigasi yang baik adalah, jangan biarkan pengunjung tidak tahu akan dibawa kemana mereka saat mengklik sebuah link. Tidak peduli link sebagai bagian dari navigasi utama atau menu blog atau pun link yang berada di dalam artikel, pembaca harus mengerti link tersebut akan membawa mereka kemana. Itu adalah Tugas anda sebagai Admin.

4. Informasi Yang Diberikan


Hal penting lainnya adalah informasi yang kita berikan dalam blog itu sendiri, pengunjung yang membaca artikel kita, pasti memiliki sebuah alasan. Tetapi apapun alasan mereka berkunjung, maka kita wajib memberikan kepuasan dengan informasi yang kita berikan. Memang setiap pengunjung memiliki alasan yang berbeda, entah mereka ingin mengetahui sebuah topik yang mendalam, atau ingin tau seberapa jauh apa yang kita tawarkan. Sekali lagi, apapun itu alasan mereka mengunjungi blog kita, maka kita harus bisa memenuhi apa yang dibutuhkan oleh mereka. Oiya, Judul Artikel yang kita Buat juga Harus Sesuai dengan isi agar pembaca tidak Kecewa. Baca Juga Artikel Saya Tentang Istilah dalam Dunia Blogging untuk Menambah Wawasan anda.

Jika blog yang kita jalankan memenuhi 4 kriteria diatas, saya rasa blog kita akan lebih disukai pengunjung dan Search Engine. Nah tidak terlalu sulit kan? Sampai disini tips dari saya tentang bagaimana cara membuat blog yang disukai pengunjung dan Search Engine, semoga coretan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membacanya.


0 Response to "Membangun Blog yang Disukai Visitor dan Search Engine"

Posting Komentar