Artikel Hilang dari SERP, Apa Penyebabnya?

Ketika artikel postingan blog dapat posisi terbaik dalam hasil pencarian (SERP) mesin pencari, maka akan menjadi kebanggaan tersendiri para blogger. Jika faktor-faktor dalam sebuah artikel blog itu dianggap sudah baik oleh mesin pencari, maka mesin pencari akan menampilkan artikel tersebut pada posisi terbaik dalam hasil pencariannya sesuai Kata Kunci.

Didalam mesin pencari terbesar dalam dunia internet yaitu Google, Ada 200+ Faktor yang diperkirakan mempengaruhi Posisi kita di SERP (Search Engine Result Pages), untuk mendapatkan posisi terbaik pencariannya atau sering disebut juga menduduki page one pencarian Google maka artikel harus Optimal dalam 200+ Google Rank Factor tersebut, dan tentu saja hal ini tidaklah mudah.

Penyebab Artikel Hilang dari SERP
Tetapi banyak juga para blogger yang mengeluhkan bahwa artikel blog mereka tidak tampil atau hilang dari hasil penelusuran Google, padahal sebelumnya artikel mereka tampil pada halaman page one. Ketika artikel kita hilang dari penelusuran Google secara tiba-tiba, maka hal tersebut akan sangat merugikan kita. Apalagi jika blog tersebut sebagai lahan untuk mencari uang, oleh karena itu kita harus sesegera mungkin untuk mencari tahu penyebabnya, karena jika dibiarkan begitu saja akan membuat penghasilan menurun dengan seiringnya waktu.

Lalu apa saja yang menyebabkan artikel hilang dari pencarian mesin pencari? Jawabannya adalah banyak faktor yang menetukan, diantaranya adalah:

 

1. Blog Baru Dan Belum Terindex

Jika blog kita masih tergolong baru dan belum terindex oleh mesin pencari, maka jangan heran jika artikel kita belum tampil dalam pencarian mesin pencari. Hal ini sangatlah wajar terjadi. Untuk dapat mengetahui blog anda sudah terindex atau belum oleh mesin pencari, kita bisa cek dengan cara ketik site:nama blog di kolom pencarian contoh site:dataedan.blogspot.com.

 

2. Artikel Atau Blog Mengandung Virus

Virus memang bisa menyerang apa saja, siapa saja, dan dimana saja. Begitu juga dengan blog, blog bisa saja terserang oleh virus. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa google adalah mesin pencari yang paling populer di seluruh dunia, oleh karena itu systemnya pun sangat canggih sehingga mampu mendeteksi virus yang terkandung dalam sebuah blog.

Ketika artikel blog kita mengandung virus, maka hal tersebut akan sangat merugikan blog itu sendiri. Lalu kenapa virus bisa menyerang pada blog? Itu adalah akibat dari ketidak hati-hatian dalam mengelola blog, misalnya ketika mengganti template yang sudah mengandung virus, atau memasang widget yang sudah dibubuhi virus/malware.

 

3. Blog Terkena Penalty Google

Penyebab artikel tidak muncul dalam penelusuran berikutnya adalah blog yang anda miliki bisa jadi terkena penalty google. Apa itu  penalty google? Ini merupakan sebuah peringatan yang dikeluarkan oleh google yang berujung dengan banned. Penyebab sebuah blog terkena penalty diantaranya adalah:

- Aktivitas yang Anda lakukan dalam mengembangkan blog memicu spam, sehingga aktivitas tersebut dapat mengakibatkan artikel blog mengalami deindex dan tidak menutup kemungkinan terkena sandbox.

-Melakukan kecurangan-kecurangan yang ditujukan agar blog bisa tampil di halaman pertama, namun tidak memperhatikan aturan-aturan main yang telah ditetapkan, misalkan melakukan penanaman keyword yang terlalu banyak didalam artikel, sehingga visitor tidak dapat memahami isi artikel tersebut, atau menyembunyikan keyword-keyword dalam jumlah banyak agar tidak kelihatan, dan aktivitas-aktivitas ilegal lainnya dengan tujuan hanya untuk menargetkan atau menipu mesin pencari.

 

4. Artikel Blog Mendapat Saingan Yang Optimasinya Lebih Baik

Karena perkembangan blogger di Indonesia ini sangat signifikan, maka dapat dipastikan persaingan artikel semakin ketat. Mungkin saja artikel kita mendapat saingan yang lebih baik, sehingga membuat artikel tersebut terlempar jauh posisinya pada mesin pencari.Oleh karena itu sebisa mungkin buatlah artikel yang berkualitas serta didukung dengan optimasi SEO yang baik dan benar, namun perlu diingat jangan terlalu berlebihan dalam meng-optimasi SEO pada blog Anda. Dan jangan lupa pula bahwa konten adalah hal yang paling utama dalam sebuah blog.

 

5. Artikel Blog Membidik Kata Kunci Musiman

Artikel yang membidik kata kunci musiman memang cukup efektif apabila topik tersebut sedang hangat diperbincangkan, namun eksistensinya tidak akan bertahan lama. karena ketika hal tersebut sudah tidak lagi di perbincangkan maka artikel tersebut akan mengalami penyusutan.

Dengan membuat artikel dengan pembahasan yang abadi (EverGreen) adalah langkah yang paling tepat, karena pembahasan yang abadi itu akan selalu ada saja pencarinya sampai kapanpun.

Demikian 5 penyebab artikel blog menghilang dari hasil pencariaan google, namun sebenarnya ini hanya sebagian saja dan masih banyak faktor-faktor lainnya. Sampai disini pembahasan yang saya buat, dan semoga coretan singkat ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membacanya.


0 Response to "Artikel Hilang dari SERP, Apa Penyebabnya?"

Posting Komentar