Niche... Niche... Niche... Sepenting Itukah?

Niche... Setiap Blogger pasti pernah mendengar kata tersebut. Terutama para Blogger Pemula,ketika akan membuat sebuah Blog,mau tidak mau langkah pertama yang harus dilakukan adalah Menentukan Niche. Karena Niche sendiri akan menjadi Identitas dari Blog yang akan dibuat,sehingga penentuan Niche Market yang akan dibidik sangat Penting dilakukan. Terlebih apabila Blog yang kita buat tersebut ingin di Monetize/Diuangkan.

Apa itu Niche?


Niche adalah Topik atau Pokok Bahasan dari sebuah Web atau Blog yang biasanya terfokus pada suatu Hal alias tidak kemana-mana atau Ngawur (: Blog Niche berkebalikan dengan Blog Gado-Gado ( Istilah yang digunakan untuk blog yang membahas semua topik/tidak fokus ) contoh nya BloggingNesia ini yang hanya membahas permasalahan seputar blogging. Sehingga pengunjung juga lebih gampang mencari Informasi karena Informasi yang diberikan tidak Tercampur,hari ini Membahas Rambut Rontok,besoknya lagi membahas Resep Tahu Bacem :D Kan,tidak nyambung (:
Niche... Niche... Niche... Sepenting Itukah?55

Pentingkah Memiliki Niche?


Jika ditanya Penting atau tidaknya,semua kembali kepada tujuan si pemilik untuk apa membuat Blog terebut. Apabila si pemilik membuat Blog hanya untuk menumpahkan curahan hatinya (: ( mungkin untuk mengurangi rasa Galau ) atau membuat blog hanya untuk iseng atau memang berniat membuat blog gado-gado ( Semuanya ada ),tentu saja Niche tidak lagi diperlukan. Berbeda dengan sang Pemilik yang ingin Blog nya dikenal dan cepat masuk ke Halaman Pertama Search Engine,tentu saja Niche diperlukan agar cepat terindex di Search Engine, kenapa? karena dengan adanya Niche/Topik yang Jelas,maka Crawler/Mesin Pencari akan lebih Mudah mengenali jenis Blog anda,dan menentukan kata Kunci/Keyword mana yang tepat untuk Blog anda.

Jadi Mana yang lebih baik? Blog Niche atau Blog Gado-Gado?


Tentu saja setiap tipe Blog memiliki kelemahan dan Kelebihan masing-masing,contohnya dulu ketika pertama kali membuat Blog,saya belum paham sama sekali dengan Niche Market ataupun SEO,impian kekanakan saya waktu membuat blog yaitu ingin membuat Blog yang berisi Segala Informasi,dari A-Z,dari Pembantaian Buaya sampai Software Gratis :D tapi kemudian saya menyadari bahwa itu tidak Efisien. Memang tidak masalah membuat Web/Blog Gado-Gado apabila anda sudah paham seputar SEO,tidak berniat menguasai Market tertentu,atau membuat Blog hanya sebagai selingan,cukup banyak Web atau Blog para Master - Master Blogger yang bertema Gado-Gado tapi berhasil menguasai Halaman Pertama Mesin Pencari,walaupun sampai sekarang saya belum tahu bagaimana caranya (: . Blog Niche memiliki banyak kelebihan,seperti Mudah Di Approve Adsense,pengunjung tetap yang Terfokus,atau Mudah Terindex Google. Tapi Blog Ber Niche Juga memiliki kelemahan vital,yaitu terdapat suatu titik dimana kita kehabisan Bahasan untuk Posting,sehingga mau tidak mau keluar dari Niche itu Sendiri.
Niche... Niche... Niche... Sepenting Itukah?23

Bagaimana Memilih Niche yang tepat?


Memilih Niche yang tepat sangat penting untuk keberlangsungan Blog anda,karena apabila salah memilih Niche,dampaknya hampir sama seperti Salah Memilih Jurusan Kuliah,hehe (: Pilihlah Niche yang terfokus pada suatu Topik alias tidak terlalu Luas,misalnya : Lebih baik memilih Niche "Perawatan Rambut Rontok" daripada niche "Kesehatan" karena terlalu Luas dan tidak terfokus. Selebihnya menurut saya ada dua Faktor untuk menentukan Niche yang tepat untuk Blog anda :
  1. Sesuaikan dengan Passion dan Hobi : Menggunakan Niche yang sesuai dengan Passion dan Hobi kita tentunya akan jauh lebih baik dibanding "Memaksa" menggunakan Niche yang sebenarnya tidak kita sukai,karena itu akan berpengaruh terhadap kualitas dari hasil tulisan kita di Blog,Disadari atau Tidak. Anda suka Utak-Atik Sepeda Motor? pilihlah Niche Otomotif,jangan niche Kecantikan..Jangan. (:

    Baca Juga : 10 Niche Blog Terbaik untuk Google Adsense
  2. Lakukan Riset Keyword/Kata Kunci untuk melihat Potensi Pasar : Sudah mendapat Niche yang sesuai dengan hobi atau Passion anda??tunggu dulu,lakukan Riset Keyword untuk melihat Potensi pasar dan perhatikan juga Pesaing-Pesaing atau Web/Blog yang memiliki Niche sama seperti niche anda. Tidak Berguna apabila ternyata tidak ada orang yang tertarik dengan Niche anda atau Volume Penelusuran per Bulannya Rendah. Dan Sebaliknya sebaiknya tidak memilih Niche yang Memiliki Banyak Pesaing yang powerful/terlalu Kuat. Inilah letak susahnya Mencari Niche,karena kita harus memilih niche yang sesuai Hobi,memiliki Volume Penelusuran Tinggi,dan Sedikit Pesaing :D

    Niche... Niche... Niche... Sepenting Itukah?1
Bagaimana? sudah menemukan Niche anda? segera Take Action sebelum Niche anda yang berharga tersebut diambil Orang lain :) Pemilihan Niche yang tepat tentunya bukan satu-satunya yang menentukan kelangsungan Web/Blog anda, tapi juga berbagai Faktor lain seperti Kualitas Tulisan,SEO,dll. jangan takut bersaing dengan Web/Blog lain yang memiliki Niche serupa dengan anda,karena Bisa saja Web/Blog anda memiliki Karakteristik tersendiri dibanding Web/Blog lain.  

Selamat Berjuang Mencari Niche Anda! (:


0 Response to "Niche... Niche... Niche... Sepenting Itukah?"

Posting Komentar